PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Satuan Pendidikan : SMP Negeri X Inderalaya
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
2.1 Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan
ativitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi
menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat
Kartesius mengikuti prosedur
2.2 Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di
rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan
sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui
alat peraga
2.3 Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud
implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan
|
||
2.
|
3.10 Menerapkan
lokasi benda dalam koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi relatif
terhadap acuan tertentu
(Materi + Ulangan
Harian + Rimidi )
|
Sistem
Koordinat
·
Definisi Koordinat Kartesius
·
Posisi titik terhadap sumbu x dan
sumbu y
·
Posisi Titik terhadap Titik Asal (0,0)
dan Titik Tertentu (a,b)
·
Posisi Garis terhadap Sumbu x dan
sumbu Y
|
12 JP
|
3.
|
3.1 Menerapkan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional dan pecahan
(Materi + Ulangan
Harian + Rimidi )
|
Operasi
Aljabar
·
Bentuk aljabar
·
Operasi hitung aljabar bilangan
rasional
·
Operasi hitung aljabar pecahan
·
Menyederhanakan bentuk aljabar
|
13 JP
|
4.
|
3.5 Menyajikan fungsi
dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik,
dan diagram
(Materi
+ Ulangan Harian + Rimidi)
|
Fungsi
·
Relasi
·
Pasangan berurut
·
Karakteristik Fungsi
·
Rumus Fungsi
·
Bentuk Penyajian Fungsi :
|
13 JP
|
5.
|
3.4 Menentukan
gradien persamaan dari grafik garis lurus
(Materi
+ Ulangan Harian + Rimidi)
|
Persamaan
Garis Lurus
·
Grafik Persamaan Garis Lurus
·
Kemiringan Persamaan Garis Lurus
·
Menentukan Persamaan Garis Lurus
|
14 JP
|
6.
|
3.8 Memahami Teorema
Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan
4.5 Menggunakan
Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
(Materi + Ulangan
Harian + Rimidi )
|
Teorema
Phytagoras
·
Teorema Phytagoras
|
11 JP
|
7.
|
3.14 Memahami teknik
penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram
lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar
variabel
4.7 Mengumpulkan,
mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam
bentuk tabel, diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi
hubungan antar variabel
(Materi + Ulangan
Harian + Rimidi )
|
Statistika
·
Penyajian Data dalam bentuk Tabel
·
Penyajian Data dalam Bentuk Diagram
Batang
·
Penyajian Data dalam Bentuk Diagram
Garis
·
Penyajian Data dalam Bentuk Diagram
Lingkaran
|
12 JP
|
8.
|
3.2 Menentukan nilai
variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata
4.1 Membuat dan
menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan
linear dua variabel
(Materi
+ Ulangan Harian + Rimidi )
|
Persamaan
Linear Dua Variabel
·
Definisi Persamaan Linear Dua Variabel
·
Bentuk Umum Persamaan Linear Dua
Variabel
·
Himpunan Penyelesaian Persamaan Linear
Dua Variabel
·
Model Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel
·
Menyelesaikan Masalah yang berkaitan
dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
|
12
JP
|
9.
|
3.3 Menentukan nilai
persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi )
|
Persamaan
Kuadrat
·
Menentukan Akar Persamaan Kuadrat dengan Memfaktorkan
·
Menentukan Akar Persamaan Kuadrat
dengan Melengkapkan Kuadrat Sempurna
|
10JP
|
10.
|
3.6 Memahami unsur,
keliling, dan luas dari lingkaran
3.7 Memahami hubungan
sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.6 Menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang
busur, dan luas juring
(Materi + Ulangan
Harian + Rimidi )
|
Lingkaran
·
Definisi Lingkaran
·
Unsur-Unsur Lingkaran
·
Keliling Lingkaran
·
Luas Lingkaran
·
Sudut Pusat
·
Panjang Busur
·
Luas Juring
|
12 JP
|
11.
|
3.9 Menentukan luas
permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas
3.11 Menaksir dan
menghitung volume permukaan bangun ruang yang tidak beraturan dengan
menerapkan geometri dasarnya
(Materi + Ulangan
Harian + Rimidi )
|
Bangun
Ruang Sisi Datar
·
Luas Permukaan Kubus
·
Luas Permukaan Balok
·
Luas Permukaan Prisma
·
Luas Permukaan Limas
·
Volume Kubus
·
Volume Balok
·
Volume Prisma
·
Volume Limas
|
15 JP
|
12.
|
3.12 Memahami konsep
perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.2 Menggunakan
konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan
tabel, grafik, dan persamaan
(Materi + Ulangan
Harian + Rimidi )
|
Perbandingan
·
Perbandingan Senilai
·
Perbandingan Berbalik Nilai
|
11JP
|
13.
|
3.13 Menemukan
peluang empirik dan teoritik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh
berdasarkan sekelompok data nyata
4.8 Melakukan
percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta
membandingkannya dengan peluang teoritik
(Materi + Ulangan
Harian + Rimidi )
|
Peluang
·
Ruang Sampel
·
Titik Sampel
·
Kejadian
·
Peluang Teoretik Suatu Kejadian
·
Peluang Empirik suatu kejadian
|
10 JP
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri X Inderalaya
Khadijah,S.Pd,M.Pd
NIP. 19680221 198012 1 001 |
Palembang, 05 Oktober
2016
Guru Mata Pelajaran Matematika
Fatria Anggita
NIP. 19970304 201503 2 003 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar