\

Sabtu, 15 April 2017

Program Tahunan

PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Satuan Pendidikan                  :           SMP Negeri X Inderalaya
Mata Pelajaran                        :           Matematika
Kelas                                       :           VIII
Tahun Pelajaran                       :           2016/2017
Kompetensi Inti                      :
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
1.
2.1 Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan ativitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Kartesius mengikuti prosedur

2.2 Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui alat peraga

2.3 Menunjukkan perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran dalam melaporkan data pengamatan


2.
3.10 Menerapkan lokasi benda dalam koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi relatif terhadap acuan tertentu  
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi )
Sistem Koordinat
     ·         Definisi Koordinat Kartesius
     ·         Posisi titik terhadap sumbu x dan sumbu y
     ·         Posisi Titik terhadap Titik Asal (0,0) dan Titik Tertentu (a,b)
     ·         Posisi Garis terhadap Sumbu x dan sumbu Y
12 JP
3.
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional   dan pecahan
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi )
Operasi Aljabar
      ·         Bentuk aljabar
      ·         Operasi hitung aljabar bilangan rasional
      ·         Operasi hitung aljabar pecahan
      ·         Menyederhanakan bentuk aljabar
13 JP
4.
3.5 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi)
Fungsi
     ·         Relasi
     ·         Pasangan berurut
     ·         Karakteristik Fungsi
     ·         Rumus Fungsi
     ·         Bentuk Penyajian Fungsi :
13 JP
5.
3.4 Menentukan gradien persamaan dari grafik garis lurus
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi)
Persamaan Garis Lurus
     ·         Grafik Persamaan Garis Lurus
     ·         Kemiringan Persamaan Garis Lurus
     ·         Menentukan Persamaan Garis Lurus
14 JP
6.
3.8 Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan

4.5 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi )
Teorema Phytagoras
     ·         Teorema Phytagoras
11 JP
7.
3.14 Memahami teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis dengan   komputer serta menganalisis hubungan antar variabel

4.7 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi )
Statistika
     ·         Penyajian Data dalam bentuk Tabel
     ·         Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Batang
     ·         Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Garis
     ·         Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Lingkaran
12 JP
8.
3.2 Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata

4.1 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi )
Persamaan Linear Dua Variabel
·         Definisi Persamaan Linear Dua Variabel
·         Bentuk Umum Persamaan Linear Dua Variabel
·         Himpunan Penyelesaian Persamaan Linear Dua Variabel
·         Model Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
·         Menyelesaikan Masalah yang berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
12 JP
9.
3.3 Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi )                                                
Persamaan Kuadrat
·         Menentukan Akar  Persamaan Kuadrat dengan Memfaktorkan
·         Menentukan Akar Persamaan Kuadrat dengan Melengkapkan Kuadrat Sempurna
10JP
10.
3.6 Memahami unsur, keliling, dan luas dari lingkaran

3.7 Memahami hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring

4.6 Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi )
Lingkaran
·         Definisi Lingkaran
·         Unsur-Unsur Lingkaran
·         Keliling Lingkaran
·         Luas Lingkaran
·         Sudut Pusat
·         Panjang Busur
·         Luas Juring
12 JP
11.

3.9 Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas

3.11 Menaksir dan menghitung volume permukaan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi )
Bangun Ruang Sisi Datar
·         Luas Permukaan Kubus
·         Luas Permukaan Balok
·         Luas Permukaan Prisma
·         Luas Permukaan Limas
·         Volume Kubus
·         Volume Balok
·         Volume Prisma
·         Volume Limas
15 JP
12.
3.12 Memahami konsep perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan

4.2 Menggunakan konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi )
Perbandingan
·         Perbandingan Senilai
·         Perbandingan Berbalik Nilai

11JP
13.
3.13 Menemukan peluang empirik dan teoritik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data nyata

4.8 Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta membandingkannya dengan peluang teoritik
(Materi + Ulangan Harian + Rimidi )
Peluang
·         Ruang Sampel
·         Titik Sampel
·         Kejadian
·         Peluang Teoretik Suatu Kejadian
·         Peluang  Empirik suatu kejadian
10 JP
Mengetahui,   
Kepala SMP Negeri X Inderalaya

Khadijah,S.Pd,M.Pd
NIP. 19680221 198012 1 001           
Palembang,   05  Oktober 2016
Guru Mata Pelajaran Matematika

Fatria Anggita
NIP. 19970304 201503 2 003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar